Jalin Silaturahmi Warga Lewat Lomba Kicau Burung Puyuh


Lomba Kicau Burung Puyuh
Warga Desa Trogan Kecamatan Klampis punya cara tersendiri untuk saling akrab satu sama lain. Mereka bertemu dalam ajang lomba kicau burung puyuh. Sepintas memang nyeleneh menjalin silaturahmi lewat ajang lomba kicau burung puyuh, tapi kebiasaan ini sudah menjadi turun temurun sudah dilakukan oleh warga Desa Trogan.

Perlombaan kicau burung puyuh sendiri rutin diadakan, dalam satu minggu ada 2 perlombaan dengan tempat yang berbeda dan hadiah yang berbeda juga. setiap perlombaan juga berbeda dalam hal pembayaran pendaftaran semisal pendaftaran 10 Rb per burung hadiah untuk juara 1 600 Rb ada juga pendaftaran sebesar 40 Rb per burung dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor.

            Antusias warga dalam lomba kicau burung puyuh juga sangat besar mereka rela menunggu sampai larut malam hingga ditentukan siapa pemenangnya. Perlombaan burung puyuh ini memang diadakan setelah selesai sholat isyak, setelah aktivitas warga berhenti. Saling tegur sapa, saling berdiskusi dalam hal merawat burung ini rutin dilakukan warga saat mereka berjumpa dalam lomba kicau burung puyuh, tak ayal juga membicarakan pekerjaan dan saling tukar informasi.

            Begitu guyub dan rukun saat mereka dipertemukan dalam satu wadah ajang lomba kicau burung puyuh. dari awalnya warga yang tak mengetahui siapa tetangga dusunnya lewat ajang ini mereka bisa saling tegur sapa. Pedangangpun juga meraup rejeki dari penyelengaraan ini. Burung puyuh mereka laku keras dan dagangan makanan mereka juga diserbu pembeli saat lapar menghampiri.

Bangkalan 02 Agustus 2016
Setyawan Dwi P.


No comments:

Post a Comment