KKN UTM 85 Ajak Warga Desa Trogan Untuk Membiasakan Hidup Sehat

Foto bersama petugas puskesmas Kecamatan Klampis seusai acara penyuluhan DBD (Sof)


Bangkalan. KKN (Kuliah Kerja Nyata) UTM (Universitas Trunojoyo Madura) Kelompok 85 kemarin (27/7) bertempat di salah satu rumah warga Desa Trogan Kecamatan Klampis mengadakan penyuluhan DBD (Demam Berdarah), bekerjasama dengan dinas kesehatan puskesmas Kecamatan Klampis.
            Acara yang diselenggarakan oleh KKN kelompok 85 didasari oleh banyaknya kasus demam berdarah yang pernah terjadi oleh di Desa Trogan. Pada tahum 2015 setidaknya ada 8 pasien yang harus diopname di puskesmas dan 1 korban yang meninggal dunia. Minimnya pengetahuan akan penanganan dan pencegahan penyakit demam berdarah membuat warga tak tahu menahu apa yang harus dilakukan saat sanak keluarga mereka terkena penyakit demam berdarah.

            Pada acara Penyuluhan DBD kali ini Puskesmas Kecamatan Klampis menjelaskan kepada warga cara mendeteksi penyakit demam berdarah, kemudian menjelaskan kepada warga tentang cara mencengah penyakit demam berdarah, tidak hanya menjelaskan saja puskesmas Kecamatan Klampis juga membagikan abatil kepada warga Desa Trogan secara cuma-cuma.

            Peserta pada penyuluhan DBD kali ini memang sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Sesi tanya jawabpun berlangsung sangat ramai. Banyak warga yang sengaja bertanya untuk mengetahui lebih jelas materi yang disampaikan dan banyak juga warga yang menginginkan doorprize yang dibagikan oleh KKN kelompok 85 secara cuma-Cuma kepada warga yang berani bertanya.

            Acara penyuluhan DBD ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 berakhir dengan sesi foto bersama petugas puskesmas Kecamatan Klampis dan KKN UTM kelompok 85 sebagai penyelengara acara.


Bangkalan 03 Agustus 2016
Setyawan Dwi P.


No comments:

Post a Comment