Manfaatkan Bambu Jadi Kerajinan Tangan

Proses Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Bambu (Ijal)
   Apa yang terlintas di benak anda ketika anda mendapati banyak tanaman bambu di suatu desa. Apakah anda membiarkan bambu tersebut beranak pinak hingga membuat rindang perkarangan anda, atau malah menembang bambu tersebut biar rumah anda terlihat bersih?. mungkin lain lagi jika bambu yang dilihat oleh teman-teman KKN Kelompok 85. Berorientasi pada sesuatu yang dapat menghasilkan uang maka bambu pun jadi sesuatu yang berharga dan mempunyai nilai estetika.

Dimotori oleh Erwati mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini, bambu disulap menjadi beragam jenis kerajinan tangan yang bermanfaat sekaligus dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Semisal bambu dijadikan kipas, bambu dijadikan vas bunga serta bambu yang dijadikan tatakan lampu. Pengerjaan kerajinan tangan dari bambu sebenarnya tidak susah melainkan butuh kreatifitas dan ketelatenan dalam pengerjaan. Semisal dalam pembuatan kipas dapat memakan waktu hampir 2 jam dari proses pemotongan bambu, membelah bambu ke ukuran yang lebih kecil dan tipis serta prose pengayaman sendiri.

            Dalam pengerjaan pembuatan kerajinan tangan dari bambu ini Erwati tidak berkertja sendiri. Erwati dibantu seluruh teman-teman KKN Kelompok 85. Mereka dibagi dalam tugasnya masing-masing dan Erwati sebagai tutor. 

Bangkalan 04 Agustus 2016
Setyawan Dwi P.



No comments:

Post a Comment