Manfaatkan Sampah Plastik Jadikan Kerajinan Tangan Bunga


Ajak warga membuat kerajinan tangan (Sof)
Plastik sudah tidak menjadi barang asing lagi disekitar kita. Setiap hari mungkin kita secara tidak langsung bersentuhan dengan benda ini saat aktivitas  belanja kebutuhan sehari-hari di pasar, membeli makanan yang di bungkus dengan plastik dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan plastik. Begitu banyak sekali kebutuhan kita dengan benda satu ini “Plastik”. Plastik memang punya keistimewaan sendiri, harganya yang relativ murah dan tempat paling praktis saat membawa barang belanjaan membuat plastik sangat digemari oleh masyarakat dari pada besek (tas tradisional dari bambu)  atau Sloki (tempat minuman dari bambu).

Padahal jika kita sadar akan bahaya yang ditimbulkan plastik mungkin kita akan beralih dari pengunaan plastik ke bahan yang ramah lingkungan. Dapat kita bayangkan bagaimana sampah yang menumpuk akibat plastik yang berserakan dan menimbulkan bau tak sedap, dan sampah yang menumpuk di sungai yang dapat mengakibatkan banjir. Belum lagi sifat plastik yang sulit hancur meskipun sudah ditimbun di tanah plastik dapat terurai dengan tanah membutuhkan waktu hampir 100 tahun sedang jika samah plastik jika dibakar juga akan menimbulkan polusi udara.

Sampah plastik di rumahan tergolong banyak. Maka untuk menangulangi jumlah sampah plastik yang makin membludak membuat KKN 85 berinisiatif membuat kerajinan tangan dari sampah plastik untuk mengurangi jumlah sampah plastik di TPS (Tempat Pembuangan Sampah). Kerajinan tangan dari sampah plastik  ini dalam bentuk bunga yang kaitkan di kawat dan di susun hingga menjadi satu rangkaian bunga yang indah.

Proses pembuatan bunga dari sampah plastik cukup mudah. Kita hanya perlu mengunting pola daun-daun di plastik kemudian kita rekatkan setiap potongan bunga hingga membentuk kelopak bunga. Kemudian setiap kelopak bungah dengan kawat.

KKN 85 juga mengajari masyarakat Desa Trogan untuk membuat kerajinan tangan dari sampah plastik. Pengajaran yang diberikan oleh KKN 85 dimaksudkan agar warga Desa Trogan mempunyai ketrampilan membuat kerajinan tangan dari sampah plastik dan tentunya juga mengurangi sampah plastik di masyarakat. Khiatan membuat kerajinan tangan juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah nantinya bagi warga Desa Trogan.           
Bangkalan 04 Agustus 2016

Setyawan Dwi P.

No comments:

Post a Comment