Pembuatan Perpustakaan Desa

Ruangan Perpustakaan Desa Trogan "Perpustakaan Tandu" (Yog)

Bangkalan. Kelompok 85 KKN (Kuliah Kerja Nyata) UTM (Universitas Trunojoyo Madura) (05/08) menjalankan program kerja utama yaitu perndirian perpustakaan Desa yang di beri nama “Perpustakaan Tandu (Tanpa Judul)” perpustakaan ini nantinya akan ditempatkan di SDN Trogan 2. Dusun Lok-Polok.

Penempatan Perpustakaan di SDN Trogan 2 bukan tanpa maksud. Minimnya tempat fasilitas umum di Desa Trogan, belum adanya balai Dusun atau Balai Desa sehingga kami memustuskan untuk menaruh perpustakaan tandu di SDN Trogan 2 dikarenakan pertama ada ruangan kosong yang tidak terpakai Ruang UKS, kedua lokasi SDN Trogan 2 sangat berdekatan dengan rumah-rumah warga. Sehingga warga tidak terlalu jauh ketika ingin mengakses ke perpustakaan.

Pihak sekolahpun menyambut dengan baik niat dari kami,”warga Desa Trogan perlu sekiranya untuk aktivitas membaca tersebut. dikarenakan lambat laun perlu kiranya orang tua dapat memberikan pendidikan mandiri diluar jam-jam sekolah. Untuk saat ini warga Desa Trogan hanya berpasrah pada pendidikan yang diberikan oleh guru di sekolah dan uztad di Madrasah tanpa ada pengawalan dari orang tua”. Ujar salah satu guru yang diwawancarai perihal niatan pendirian perpustakaan tandu.

Pendirian Perpustakaan Tandu juga mendapat bantuan dari pihak-pihak luar misal donasi buku yang di Promosikan di sosial media akhirnya mendapat respon positif dari pembaca yang kemudian tertarik untuk menyumbangkan bukunya. selanjutnya yaitu bantuan dari perorangan , dinas pertanian Bangkalan, donasi buku dari setiap masing-masing individu kelompok KKN 85 serta pembelian buku dari uang program kerja.

            KKN Kelompok 85 nantinya berharap bahwa perpustakaan tandu dapat bermanfaat bagi warga Desa Trogan dan perpustakan tandu  dapat berjalan terus. “Semoga ada Perpustakaan Tandu lainya di Desa-Desa lain yang didirinkan tidak sampai berhenti di Desa Trogan saja” Terang Yoga selaku PJ Perpustakaan Tandu.

Bangkalan 04 Agustus 2016
Setyawan Dwi P.



No comments:

Post a Comment