Solusi Pakan Ternak Saat Musim Kemarau Tiba

Program Sosialisasi Pakan Ternak Fermentasi oleh KKN 85 (Yog)


Bagaimana jika anda adalah seorang petani sekaligus peternak sapi, pada musim kemarau tak mempunyai cukup stok makanan sapi dan anda tetep harus memberi makanan. Langkah satu mungkin anda akan memberi jerami sisa panen musim lalu atau cara kedua yaitu membeli rumput dari Desa lain untuk tetap memenuhi kebutuhan ternak anda.!

Kalau kemudian jerami anda yang ada di kandang habis anda terpaksa harus membeli pakan ternak dari desa lain. Hal ini lah yang dialami oleh warga Desa Trogan Kecamatan Klampis Bangkalan. Mayoritas warga di Trogan mempunyai ternak sapi. Bisa di perkirakan hampir 80 %.  Setiap rumah warga rata-rata memiliki 2 – 3 ekor sapi yang dipelihara. Dan rata-rata warga selalu kebingungan saat musim kemarau tiba, warga harus mencari pakan ternak di Desa lain yang jauh dari Trogan. dan mereka (warga Trogan) tentunya harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar. Biaya ongkos kendaraan, dan biaya perjalanan, mencari pakan ternak di Desa lain pun kadang kala tidak ada. warga terpaksa harus membeli pakan ternak dari Desa-Desa lain yang mempunyai rumput banyak.

“Kalau di Desa Trogan mas, punya sapi tiga kalau musim kemarau bisa dijual sapinya satu untuk ongkos makan sapi yang dua ini” ujar warga Desa Trogan yang mengelu sulitnya mendapat pakan ternak saat musim kemarau.

Melihat kondisi tersebut teman-teman KKN UTM  (Universitas Trunojoyo Madura) Kelompok 85 memberikan satu solusi yang sekiranya dapat membantu meringgakan beban warga saat mencari pakan ternak di musim kemarau. Pakan ternak fermentasi. Pakan ini terbuat dari bahan dedaunan apa saja. kalau biasanya sapi hanya mau makan rumput, jerami dan daun jagung. Kali ini dengan sentuhan fermentasi jenis-jenis dedaunan apa saja pasti bakal di lahap habis sama sapi. Keunggulan pakan ternak fermantasi adalah pakan ternak bisa tahan lama, bisa untuk stock di musim kering, pakan ternak fermentasi dapat mempercepat pengemukan ternak dan menambah nafsu makan tersendiri bagi ternak.

Untuk pembuatan pakan ternak fermentasi sendiri tidaklah terlalu sulit. siapkan alat dan bahan. untuk alat: 1. pisau 2. bol (wadah buat daun) 3. plastik buat menutup bol (wadah). sedangkan bahan yang harus dipersiapkan : 1. SOC (Suplemen Organik Cair) 2. daun kering 3. air 4. tetes tebu (gula). pertama siapkan daun kering. kemudian siapkan 1 tutup botol SOC, campurkan dengan sedikit tetes tebu atau 3 sendok gula pasir. diamkan selama 20 menit. kemudian campurkan dengan air sebanyak 3 liter. setelah itu percikkan cairan SOC yang sudah dicampur dngan gula dan air tadi pada daun kering, aduk daun kering tersebut sampai cairan SOC tercampur dengan rata. terakhir masukkan daun kering yang sudah dicampur dengan cairan SOC tadi kedalam wadah, tutup hingga rapat. karena jika menutupnya kurang rapat bakteri yang ada pada cairan SOC tadi akan amati dan proses fermentasi akan gagal. Proses fermentasi terjadi selama tiga hari dan pakan ternak fermentasi sudah siap untuk diberikan ke ternak. cukup mudah dan praktis. peternak dapat mengimplementasikan sendiri di rumah.

Bangkalan 02 Agustus 2016

Setyawan Dwi P.

No comments:

Post a Comment