POTENSI DESA TROGAN



Secara keseluruhan desa Trogan mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah dan sangat tinggi karena kebanyakan masyarakat di desa Trogan ini selain menjadi TKI juga sebagai petani. Masyarakat desa Trogan ini sendiri banyak menggunakan lahan mereka untuk bertani. Namun dari bertani ada hal lain yang menarik dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada dalam desa trogan, yaitu kerajinan tangan dari tanah liat.
Kerajinan dari tanah liat tersebut merupakan hasil produk asli rumah tangga, yang dikerjakan oleh masyarakat desa Trogan sendiri. Pengerajin yang mengelola kerajinan tanah liat tersebut mayoritas ibu rumah tangga. Dimana masyarakat memanfaatkan tanah liat yang terdapat di pertambangan desa Trogan. Tanah liat dari pertambangan tersebut diperoleh dengan cara membelinya dari pengelola pertambangan. Pengelola tambang tesebut juga merupakan masyarakat desa Trogan sendiri.
Adapun macam-macam pengelolaan kerajinan dari tanah liat tersebut adalah gerabah, guci kendi, layah dan masih banyak macam yang lain. Cara pengerjaannya pun masih terbilang tradisional. Karena masih menggunakan tangan seacara manual, tanpa menggunakan alat seperti biasa yang digunakan dalam pengerajin-pengerajin lain. Dari hasil kerajinan tersebut para pengerajin menjualnya ke pasar-pasar terdekat.


No comments:

Post a Comment