SEJARAH DESA TROGAN



Desa Trogan merupakan desa terpencil nan kaya keindahan alamnya, sejuk dengan tetesan embun pagi dan sapaan merdu akan kicauan burung yang saling berpautan. Desa Trogan terletak di kecamatan klampis kabupaten bangkalan. Desa ini ada tentunya memiliki asal usul atau sejarah yang pernah terjadi pada dahulu kala. Menurut cerita para sesupuh, asal usul desa Trogan berasal dari dua suku kata bahasa madura yaitu “ Tero” yang berarti ingin dan “Began” yang mempunyai arti degan / kelapa muda. Jadi Trogan mempunyai arti ingin degan.
Pada zaman dahulu di desa Trogan terdapat seorang gadis berparas cantik yang tidak pernah keluar rumah. Suatu hari pada saat rumahnya sepi dan dia merasa bosan berada di dalam rumah, akhirnya dia pergi jalan jalan mengelilingi desanya seorang diri. Ditengah perjalanan dia merasa haus, melihat disekitarnya tidak ada sumber air / sungai dia merasa bingung, kemudian dia melanjutkan perjalananya. Terlintas olenya sebuah rumah yang didepanya terdapat pohon degan / kelapa muda, lalu dia berhenti menghampiri pohon tersebut. Karena dia gadis yang jujur, meskipun dia merasa sangat haus dia tidak mau mengambil benda yang bukan miliknya. Dia langsung mendatangi dan mengetuk pintu rumah sang pemilik pohon degan. Dia meminta izin agar si pemilik berkenan memberi sebuah degan. Namun, sayangnya sang pemilik tidak memberinya dengan berbagai macam alasan. Karena kesal terhadap orang tersebut, si gadis marah dan menyumpahi bahwa desa ini tidak akan ditumbuhi pohon degan. Akhirnya kisah tersebut diabadikan dengan dijadikan sebuah nama desa yaitu desa Trogan.
                   Desa Trogan memiliki 3 dusun yaitu barat nagger, lok polok, drujuh.             
v  Desa Barat nagger
Menurut sesepuh yang ada di dusun barat nagger asal muasal dusun ini hanya terletak dari tata letak dusun ini sendiri yang mana dusunn tersebut berada disebelah barat pohon nagger (pohon besar). Jadi dinamakan dusun barat nagger.
v  Desa lok polok
Menurut warga sekitar asal usul desa lok polok adalah adanya dua sumber mata air/ sungai yang terbuat dari tanah liat yang berbentuk batu. Dan bentuk batunya mirip seperti penanak nasi dan bahasa maduranya penanak nasi yaitu polok, maka dari itu dusun tersebut bernama lok polok
v  Desa Jrujuh
Desa jrujuh terletak disebelaj utara desa trogan dan di timur jalan dusun ini memiliki masjid dan 1SD yaitu SDN 1 Trogan.

No comments:

Post a Comment