SISWA SDN 1 TROGAN MENJELAJAHI DUNIA

SDN 1 Trogan merupakan salah sastu sekolah dasar yang terletak di desa Trogan kecamatan Klampis Bangkalan. Sekolah dasar yang baru-baru ini memenangkan juara dua dalam perlombaan UKS antar sekolah dasar diseluruh Bangkalan ini adalah sekolah dasar yang cukup populer di mata masyarakat desa Trogan. Kurikulum yang digunakan juga sudah menggunkan kurikulum 2013 kecuali, untuk kelas 5 dan 6. Keadaan dan situasi sekolah sangat nyaman dan bersih, ditunjang dengan para siswa yang berbudi baik dan sopan membuat sekolah dasar tersebut memiliki nilai plus tersendiri.
Terdapat sasrana dan prasarana yang memadahi seperti kamar mandi siswa, kamar mandi guru, koperasi, ruang guru dan ruang kelas yang rapi. Serta terdapat juga perpustakaan yang menampung berbagai macam buku bacaan baik fiksi maupun nonfiksi. Sejauh dari yang dapat dipaparkan dari fakta yang ada. Perpustakaan di SDN 1 Trogan setiap hari selalu penuh dengan minat baca siswa yang tinggi. Jam istirahat mereka luangkan untuk mengunjungi perpustakaan. Entah hanya sekedar membaca buku atau sekedar melihat gambar-gambar yang ada di buku tersebut. Buku-buku yang tersusun rapi seketika berbaur tanpa arah karena tingkah polos mereka yang ingin mendapatkan buku lebih bagus dari milik temannya.
Buku-buku setebal kamus maupun setipis buku gambar mereka pinjam dan dibawa pulang dengan syarat menyebutkan nama dan kelas. Kemudian petugas akan menulis judul, penerbit, dan tebal buku yang akan dipinjam. Memang cara meminjam buku diperpus masih dilakukan secara manual karena belum ada kartu perpustakaan untuk setiap siswa. Penjaga perpustakaan juga diambil dari siswa SDN 1 Trogan sendiri, hanya kelas 4 saja yang boleh menjadi petugas perpustakaan dan sudah terjadwal dengan rapi  siapa saja yang mendapat jadwal disetiap harinya. Pendidikan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, segala sesuatu yang bersangkutan dengan pendidikan akan berpengaruh pada pengetahuan dari manusia itu sendiri. Dalam zaman yang serba modern seperti saat ini sangat dibutuhkan pendidikan yang sesuai dengan berkembanya pola pemikiran masyarakat yang ada. Beberapa jenjang pendidikan yang ada sangat berpengaruh pada masa depan bangsa. Seperti pada jenjang sekolah dasar yang sudah mulai memperkenalkan ilmu pengetahuan yang beragam, maka dari itu perlu adanya minat baca untuk membuat siswa lebih banyak mengenal ilmu pengetahuan.
Seperti yang telah diajarkan oleh siswa SDN 1 Trogan, bahwa untuk memulai mengenal pendidikan kita harus menjelajahi dunia. Nasihat Bapak Ibu guru untuk siswanya agar selalu gemar membaca telah diterapkan oleh siswa SDN 1 Trogan. Dengan membaca kita akan menjelajahi dunia, ibarat kata “buku” adalah sebuah jendela dunia. Maka dari itu untuk menjelajahi dunia kita harus membaca buku.


No comments:

Post a Comment