TROGAN, DESANYA PARA PETANI



Desa Trogan kecamatan Klampis kabupaten Bangkalan merupakan daerah kaya dengan aneka jenis hasil pertanian. Berada di dataran sedang, membuat desa ini memungkinkan untuk menghasilkan beberapa jenis hasil pertanian. Memiliki luas wilayah 129,67 Ha, hampir 70% atau sekitar 95.00 Ha wilayah merupakan lahan produktif untuk pertanian. Sementara sisanya meliputi lahan bangunan umum dan pemukimanan.
Lahan yang memadai menjadikan desa Trogan kaya akan hasil pertaniannya. Hasil pertanian yang dihasilkan oleh desa Trogan yaitu padi, jagung dan kacang tanah dapat tumbuh dan menjadi sumber penghasilan warga. Desa Trogan memiliki komoditi unggulan dari beberapa jenis tanaman, kacang tanah menjadi komoditi unggulan dari desa trogan.



Dalam pengolahan lahan yang ada di desa trogan masih menggunakan peralatan tradisional atau lebih memanfaatkan hewan seperti sapi dan kerbau. Untuk perawatan tanaman warga trogan lebih memanfaatkan kotoran tanaman tanpa olahan disertai pupuk organik untuk membantu pertumbuhan tanaman hingga panen.
 

No comments:

Post a Comment